Nafsu Makan Anak Kurang? Ini Penyebabnya

Setiap anak pasti pernah mengalami penurunan nafsu makan. Nafsu makan anak berkurang atau menurun adalah salah satu permasalahan yang membuat para orangtua khawatir. Padahal penurunan nafsu makan pada anak adalah hal yang wajar saat memasuki usia balita. Pertumbuhan anak yang semakin besar membuat aktivitasnya bertambah sehingga minat untuk makan menjadi berkurang. Walaupun merupakan hal yang wajar, namun para orangtua harus mengatasi hal tersebut agar asupan nutrisi untuk kebutuhan anak pada masa pertumbuhan tidak terganggu. Selain itu juga, para orangtua harus mengetahui faktor penyebab nafsu makan anak berkurang.



Penyebab Nafsu Makan Anak Berkurang 


Anak merasa bosan dengan menu makanan yang sama
Salah satu faktor yang menjadi penyebab nafsu makan anak berkurang adalah anak merasa bosan dengan menu makanan yang sama. Untuk mengatasi hal ini maka anda bisa menyajikan makanan dengan menu bervariasi setiap harinya agar selera makan anak tetap terjaga.

Kenyang dengan mengonsumsi cemilan

Selain bosan dengan menu makanan yang sama, penyebab nafsu makan berkurang pada anak juga adalah anak kenyang dengan mengonsumsi cemilan. Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua mengontrol anak dalam mengkonsumsi cemilan agar kebutuhan nutrisi anak pada masa pertumbuhannya tidak terganggu.

Mulai mengenali ragam rasa makanan


Rasa ingin tahu anak yang muncul di usia batita, termasuk masalah rasa. Anak pun akan mulai menentukan rasa yang disukainya. Namun kondisi ini terkadang tidak disadari oleh orangtua dengan menyajikan makanan yang itu-iu saja. Hal inilah yang membuat nafsu makan anak menurun.

Tidak mempunyai waktu makan tetap

Bila anda membuat anak anda sarapan, maka siang dan makan malam pada waktu tertentu, tanpa memberi makanan kaya kalori diantaranya, sistem pencernaan menjadi selaras dengan masa-masa ini dan membuat siklus rasa lapas sampai kenyang selaras.

Penyebab lainnya nafsu makan anak berkurang adalah terlalu banyak minum susu, porsi yang berlebihan dan lain-lain. Bagi sebagian orangtua yang memiliki anak dengan nafsu makan nya berkurang, anda bisa memberikan anak anda vitamin penambah nafsu makan anak yaitu bernama walatra hexabumin.

Komentar