Tips Alami Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Alami Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak berikut ini semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah pada si kecil yang mengalami kurangnya nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan pada anak akan membuat orang tua khawatir. Terlebih lagi bila ia memasuki usia balita. Karena diusia balita memerlukan nutrisi lebih banyak.


Tips Alami Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak


Biarkan ia menentukan porsinya

Cara meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan membiarkan anak menentukan porsinya. Dan jangan memaksanya untuk menghabiskan setiap porsi makanan yang anda berikan.

Jangan terlalu banyak berikan camilan pada anak

Tips untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan mengurangi camilan yang akan anda berikan pada si kecil. Memberi camilan seperti biskuit boleh saja, hanya saja buat jadwal khusus untuk hal tersebut. Karena bila ia dibiasakan sering makan camilan maka bisa mempengaruhi rasa lapar yang berkurang disaat jam makan yang seharusnya.

Kurangi minum susu
Anda suka memberikan anak balita anda susu? Bila anak balita anda suka minum susu maka kurangi asupan susu dengan takaran 470 ml per harinya. Karena susu dan cairan lainnya seperti jus mempunyai jumlah kalori yang cukup banyak. Sehingga akan membuat si kecil menjadi kenyang dan nafsu makannya pun akan menurun. Oleh karena itu kurangi asupan susu.

Makan bersama dengan keluarga

Ajak si kecil makan bersama dengan seluruh keluarga. Selain itu, buat suasana menjadi menyenangkan. Hal itu akan membuat si kecil lebih bersemangat dalam menghabiskan makannya.

Variasikan jenis dan tampilan makanan

Nafsu makan anak berkurang mungkin karena jenis dan tampilan makanan kurang bervariasi. Oleh karena itu, jangan hanya menyediakan makanan itu-itu saja. Supaya anak anda tidak bosan, maka variasikan jenis dan tampilan makanan.

Tawarkan si kecil makanan favorit


Anak mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan tidak mau makan? maka cobalah tawarkan makanan favorit. Walauun makanan tersebut kurang sehat. Ketika anak mengalami kurang nafsu makan, makan makanan kurang sehat tersebut lebih baik daripada tidak makan sama sekali.

Bila anak mengalami penurunan nafsu makan berlarut-larut, maka konsultasikan pada dokter. Bila diberi vitamin penambah nafsu makan anak, berikan vitamin tersebut pada anak anda.

Komentar