Ini Dia Berbagai Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu sering dipakai sebagai pemanis pengganti gula pasir. Sehingga banyak makanan dan minuman mengandung dan menempatkan madu meskipun dengan kadar yang kecil. Akan tetapi, keunggulan madu tidak hanya pada rasa manisnya. Madu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.



Manfaat Madu Untuk Kesehatan


Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat madu untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan madu kaya akan kandungan nutrisi sehat seperti mineral, vitamin dan berbagai gizi lainnya. Sehingga madu dipercaya sebagai salah satu sumber makanan untuk menjaga metabolisme tubuh.

Menghilangkan alergi

Madu mempunyai efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Namun perlu diketahui manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studio klinis. Akan tetapi ada beberapa fakta dari para ahli yang mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk dari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Madu memiliki kandungan flavonoid, yakni antinyeri yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu juga, bermanfaat mampu membantu mengurangi jenis kanker.

Mengobati luka luar

Pada beberapa penelitian, madu telah terbukti efektif bisa digunakan untuk mengobati luka. Dengan mengoleskan madu murni atau madu yang belum diproses, maka luka akan sembuh dnegan cepat.

Mengurangi batuk

Madu memiliki senyawa dekstrometrofan dama yang dapat menenangkan batuk. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mengalami batuk, sebaiknya konsumsi madu.

Sumber nutrisi lengkap

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi madu setiap hari merupakan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada madu diantaranya kalsium, besi, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, niacin, riboflavin dan asam pantotenat.

Manfaat lainnya dari madu bagi kesehatan adalah meningkatkan stamina, meningkatkan daya ingat dan masih banyak lagi. Madu dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk anak. Bagi anda yang ingin memberikan madu pada anak anda, maka pilihlah madu untuk anak yang aman dikonsumsi oleh anak.

Komentar