Manfaat Temulawak Sebagai Penambah Nafsu Makan

Indonesia adalah negara yang akan rempah-rempah. Salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan adalah temulawak. Tanaman ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, bahkan dipercaya dapat bantu tingkatkan nafsu makan termasuk meningkatkan nafsu makan anak.


Manfaat Temulawak Sebagai Penambah Nafsu Makan


Temulawak memiliki zat aktif yang bernama kurkuma yang dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga mengkonsumsi temulawak dalam dosis yang sesuai akan menambah nafsu makan. Tidak heran bila temulawak sering digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan anak.

Cara mengolah temulawak sebagai obat penambah nafsu makan alami

  • Siapkan sebagian ruas temulawak, kupas dan bersihkan dengan air.
  • Parut dan rebus hasil parutannya dengan segelas air sampai mendidih.
  • Saring dan buang ampasnya
  • Tambahkan madu dan aduk sampai rata
  • Minum ramuan ini atau berikan ramuan ini pada anak anda yang mengalami penurunan nafsu makan.

Selain dapat meningkatkan nafsu makan, khasiat temulawak juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan temulawak juga berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus yang dapat membantu tubuh mencegah terkena serangan penyakit akibat infeksi.

Tidak hanya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak, temulawak juga berkhasiat dapat memperlancar produksi ASI. Sehingga  bagi ibu menyusui yang lurang lancar produksi ASI nya, maka konsumsilah ramuan tradisional temulawak.

Komentar